Bolehkah Melakukan hubungan Intim Pada Saat Istri Hamil?

Ibu M 32 tahun, medan

Dok Saat ini saya sedang hamil 4 bulan, yang ingin saya tanyakan bolehkah melakukan hubungan suami istri pada saat sedang hamil ? apakah janin saya aman dok? adakah cara lain selain berhubungan suami istri ?

Ibu M diMedan

Hubungan suami istri pada saat hamil itu sebenarnya aman dilakukan, walaupun kita mengetahui bahwa orgasme atau stimulasi pada payudaya (menghisap puting atau meremas payudara) dapat menyebabkan kontaraksi pada uterus, sehingga disaat anda melakukan hubungan intim dan anda merasakan ada rasa kram pada perut anda, itu aman selama rasa kram tersebut tidak berlanjut, dan hal tersebut tidak akan menyebabkan terjadinya perdarahan. Namun jika anda merasakan kram yang berkepanjangan dan terdapat bercak darah yang keluar maka segera periksakan diri anda.

Dan apakah janin anda aman? Ibu M, janin yang dikandung oleh seorang wanita dilindungi oleh kantong amnio (amniotic sac) yang mana kantung ini sangat elastis dan sangat kuat sehingga akan melindungi dan mencover janin anda dengan aman, selain itu terdapat otot uterus yang sangat tebal, yang mana juga akan melindungi janin anda dengan aman, jadi anda tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Namun jika anda memiliki riwayat perdarahan selama kehamilan sebelumnya, atau pernah mengalami keguguran, maka itu menandakan bahwa kandungan anda tidak kuat, sehingga anda perlu hati-hati atau anda harus menghindari melakukan hubungan intim selama anda hamil, karena akan sangat berbahaya terhadap janin anda. Dan jika anda tetap ingin berhubungan maka anda dapat melakukan dengan cara lain, baik itu dengan manual (no penetrasi) atau dengan oral seks.

Posisi yang aman yang dapat anda gunakan selama hamil ialah “woman in top”, jadi silakan anda mencobanya, namun yang terpenting jagalah selalu kesehatan anda dan janin anda

Terima kasih

dr.andika

February 12 2010 11:08 am | ML selama hamil

Leave a Reply